^Cara Pekerjaan Kantor Yang Merusak Tubuh

Advertisement
CDP™ » Punya pekerjaan nyaman di kantor mungkin sering diminati sobat, pekerjaan dalam ruangan yang dilengkapi dengan fasilitas teknologi. Tapi apakah kamu tau, banyak benda-benda dan juga cara kerja dikantor yang bisa berdampak buruk buat tubuh kamu dalam jangka pendek atau jangka panjang?

Peralatan teknologi di kantor seperti printer, komputer, laptop, keyboard, dan lainnya ternyata bisa berefek buruk buat kesehatan fisik kamu. Beberapa cara kerja dikantor merusak tubuh berikut pernah dan bahkan sedang kamu jalani:

Cara Pekerjaan Kantor yang Merusak Tubuh

* Udara yg Buruk di Ruang Kerja

Sebuah kondisi udara seperti ini sering disebut "Sick Building Syndrome". Udara di dalam gedung atau kantor bisa 100 kali lebih kotor dari udara luar.
Berbagai gas dan bahan kimia gak sehat seperti dari polutan di AC, partikel beracun, bakteri berbahaya dan lumut yg terbang, bisa terhirup sama kamu. Apalagi di gedung-gedung yg gak diurus dengan baik.

* Duduk di Kursi Sepanjang Hari

Kalo kamu kerjanya sering duduk dalam waktu lama, bisa berdampak sangat mengerikan buat tubuh kamu. Masalah umum yg sering terjadi adalah sakit dan nyeri, dan hal yg paling mengerikan adalah bisa menyebabkan kematian dini.
Resiko dan akibat duduk terlalu lama di kursi:
- Lebih tinggi mengalami gangguan otot tulang
- Obesitas
- Diabetes
- Kanker
- Penyakit Jantung
- Berpotensi terkena penyakit kronis jangka panjang
- Radang Sendi
- Dan masih banyak lagi
Kalo pekerjaan mengharuskan kamu untuk duduk sepanjang hari, lebih baik menggunakan perangkat duduk yg memungkinkan kamu untuk meluruskan postur tubuh.

* Menatap Layar Komputer Tanpa Henti

Meskipun layar komputer tidak mengeluarkan radiasi, kelelahan dari menatap layar pada jangka waktu yg lama dapat menyebabkan kerusakan mata, meskipun sementara. Di luar itu, kamu juga dapat mengalami sakit kepala dan migrain.

* Terlalu Lama dengan Laptop Panas

Siapa pun bisa mengalami masalah kulit karena panas, apalagi  kalo kamu menaruh laptop di pangkuan, bukan di meja atau dudukan laptop, tapi ada berita yg lebih buruk untuk laki-laki. Peneliti NYU menemukan bahwa laptop dapat meningkatkan suhu skrotum, yg akan memengaruhi jumlah sperma pria.

* Terlalu Banyak Mengetik

Penyebab paling umum dari Carpal Tunnel Syndrome (CTS) kelelehan yg menyakitkan pada pergelangan tangan yg bisa merambat pada lengan adalah Mengetik berlebihan atau terlalu lama. CTS yg terlalu parah bisa menyebabkan kerusakan saraf permanen dan pengecilan otot.

* Keyboard yg Kotor

Keyboard yg kotor bisa menjadi salah satu tempat berkembang biak bakteri. Menurut Ahli mikrobiologi, keyboard kotor bahkan bisa memiliki lima kali lebih banyak bakteri dibandingkan dengan kamar mandi, dan termasuk bakteri yg berbahaya seperti E. coli (yg menyebabkan keracunan makanan) dan juga staphylococcus (yg menyebabkan berbagai infeksi).

* Menggunakan Mouse di Tempat yg Sama

Kalo kamu menggunakan mouse tetap di tempat yg sama sepanjang hari, kamu akan lebih rentan terhadap cedera repetitive strain injury (RSI) akibat melakukan suatu kegiatan secara repetitif.
RSI tungkai atas terjadi ketika tendon kamu menjadi lebih tegang dari yg seharusnya untuk jangka waktu yg lama, disebabkan karena pengulangan gerakan, posisi gak nyaman yg terus dilakukan, atau menekan permukaan keras dalam waktu lama.

* Sering Terkena Paparan Printer / Mesin Fotokopi

Partikel toner yg ada di Printer laser bisa masuk ke paru-paru dan aliran darah, yg dapat menyebabkan penyakit paru-paru dan penyakit lainnya.
Mesin Fotokopi adalah sumber ozon yg mematikan kalo penyaringnya gak diganti secara berkala, bahkan jumlah kecil bisa menyebabkan nyeri dada dan iritasi.

* Penggunaan Smartphone yg Berlebihan

Orang yg menggunakan smartphone mereka untuk SMS dan email secara terus menerus rentan terhadap kelelahan otot dan "Blackberry Thumb," yg merupakan salah jenis RSI. Efeknya bisa menjadi sangat parah dan rasa sakit bisa menjalar ke pergelangan tangan dan dapat melemahkan tangan.

* Kuman di Benda Lain

Keyboard atau mouse bukan satu-satunya sarang bakteri di kantor. Pintu, kenop keran, pegangan tangga, lift, tombol printer, berjabatan tangan dan masih banyak lokasi penuh bakteri lainnya. Mikroba ada di mana-mana dan ada beberapa yg bahkan bisa berdampak buruj dan membunuh.

* Terkena Sinar Terlalu Banyak

Tubuh akan memperlakukan pencahayaan yg berlebihan sama seperti ketika kedaan gelap gulita, sehingga itu akan merusak jam biologis kita.
Pencahayaan berlebihan bisa menimbulkan lebih banyak masalah lebih dari sekedar sakit kepala biasa. Masalah kesehatan dapat mencakup tingkat yg sangat tinggi pada kelelahan, stres, tekanan darah tinggi, dan peningkatan risiko karsinoma tertentu.

* Waktu Deadline Sempit
Ketika harus memenuhi pekerjaan dengan target dan tenggang waktu ketat pastinya bikin stress. Dan menurut Science Daily, hal itu bisa mempengaruhi kemampuan belajar dan ingatan kamu. Stres jangka pendek seperti ini bisa sama buruknya dengan stres yg berlangsung selama beberapa pekan atau bulan.

* Bekerja Lebih dari 10 Jam per Hari

Sebuah Penelitian di Eropa menemukan bahwa, orang yg bekerja 10 jam atau lebih setiap harinya memiliki risiko 60 persen lebih besar mengalami masalah kardiovaskular, termasuk serangan jantung dan angina.

* Merasa Sangat Bosan

Menurut penelitian dan studi University College London, orang-orang yg mengeluh bosan bekerja punya lebih banyak kemungkinan untuk mati muda, dan mereka yg melaporkan kebosanan tingkat tinggi, kemungkinan lebih besar untuk meninggal akibat penyakit jantung atau stroke.
Kebosanan juga bisa meningkatkan resiko tinggi pada kecelakaan kerja.

* Training untuk Membangkitkan Motivasi

Biasanya sebuah perusahaan punya misi dan manajemen dengan mengadakan latihan team building atau pertemuan motivasi, bertujuan membuat karyawan menjadi bersemangat.
Tapi penelitian menunjukkan, memaksa orang untuk merasa positif terhadap sesuatu yg mereka gak yakini atau gak suka, hanya akan membuat mereka lebih tertekan, gak nyaman dan gak bahagia dengan pekerjaannya.

* Makan Makanan Cepat Saji

Sebagian besar pegawai kantor pergi keluar untuk makan siang yg gak sehat sesekali, tanpa menyadari bahaya negatif yg mengintai.
Makanan cepat saji biasanya memiliki sekitar dua kali lipat kalori dibandingkan dengan makanan lain yg serupa dengan porsi yg sama, dan mereka memiliki banyak lemak teroksidasi, yg meningkatkan risiko penyakit jantung.

Itulah beberapa cara pekerjaan kantor merusak tubuh yg mungkin pernah dan sedang kamu jalani. Coba cari cara untuk mengatasinya biar gak berdampak semakin buruk buat tubuh kamu. Disalin dari berbagai sumber yahoo.com dan google.com. Salam Cinta dan Persahabatan.
Advertisement

^Cara Pekerjaan Kantor Yang Merusak Tubuh

Published by: Admin on 21.55.

Silahkan Komentar Disini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar